Pacaran? Enggak lah…

Tulilut Tulilut…..HPku berbunyi. Tanda sms masuk. Itu pasti dari Yuri, sahabatku. Kami bersahabat sejak di kelas VII. Sebelum tidur kami sering sms-an. Kadang aku duluan yang kirim sms tapi Yuri yang paling sering mendahului.

Belum tidur Lin? Aku mau curhat ni. Begitu pesan yang terbaca.

Belum ri. Da pa ri? Balasku sekenanya. Terus terang aku agak mengantuk. Halaqoh tadi sore seru sekali sampai selesainya lebih lama.

Aku sedih lin. Aku tadi jalan-jalan sama Dion. Aku dibelikan pensil trus makan di mac D.

Apa? Di Mac D? Itukan resto yahudi? Kamu kan sudah tahu ri. Tiap dollar yg kita belanjakan produk yahudi setara dg satu peluru utk warga palestin…Hiii…aku menulis pesan sms sambil menahan geram.

Iya Lin. Aku sudah bilang kalo itu yahudi. Tapi dia maksa. Kamu tahu sifatnya Dion kan..

Huh! Lagi-lagi si Dion yang suka maksa Yuri melakukan sesuatu. Oh ya, Dion tuh pacarnya Yuri. Mereka jadian sudah 1 bulan ini. Aku sudah nasehatin Yuri. Tapi dia mabuk kepayang ke Dion. Sudah cakep pintar dan kaya. Sempurna, katanya. Hm…kayaknya lebih sempurna Nabi Muhammad deh. Belum sempat aku membalas sms nya, bunyi sms masuk sudah terdengar.

Lin, kamu belum tidur kan…yang paling bikin aku sedih. Tadi Dion meminta lagi aku untuk melepas kerudung…

What? Melepas kerudung? Berani-beraninya anak itu? Aku semakin geram saja. Lalu kutulis sesuatu yang agak panjang di layar pesan sms.

Yuri sayang, kamu tahu kan kalau kerudung itu lambang kehormatan perempuan muslim. Tidak boleh terlepas sampai akhir hayat. Kita wajib menjaga kesucian dan kehormatan dengan nyawa kita. Aku tahu kamu suka Dion, tapi gak segitunya. Emang siapa Dion? Emang Dion bisa narik kamu dari neraka Jahannam??????

Iya Lin. Aku tahu itu…tapi dia ngancam akn mutusin aku. Kamu tahu dia cinta banget sama aku. Aku juga cinta dia Lin.

Lagi-lagi masalah cinta. Cinta memang bisa membutakan akal dan nurani. Kutulis lagi long meessage di layarku, tentu saja dengan muka kecut.

Yuri, cinta itu membawa kebaikan karena berasal dari Allah. Jika itu membawa petaka berarti itu bukan cinta tapi hawa nafsu. Cinta itu menyejukkan bukan menyesakkan. Jika Dion cinta kamu, dia tidak akan membuatmu lalai dari Allah. Dia tidak akan menyentuh kulitmu sampai halal waktunya. Dia tidak akan ngatur-ngatur kamu seenaknya. Gak boleh belajar kelompok lah…gak boleh berteman denganku lah…apalagi gak boleh berkerudung. Bedakan cinta dengan hawa nafsu. Jangan sampai terjebak. Yuri, secinta-cintaya Dion sama kamiu, ada yang lebih cinta kepada kita. Cintanya teramat agung untuk dibandingkan dengan cintanya Dion. Kamu tahu siapa?

Siapa lin? Balas Yuri.

Allah. pesan terakhir ku tulis singkat. Lalu kuletakkan hapeku di bawah bantal. Aku mau tidur. Setelah membaca al fatihah, ayat kursi dan 3 surat pendek, aku berdoa mudah-mudahan pintu hati Yuri terbuka. Aamiin.

Keesokan harinya…

Aku segera berkemas. Target hari ini adalah menuntaskan formatif fisika, nasehatin Yuri dan pinjam buku perpus. Oh ya nambah 3 ayat surat Nuh.

Sesampai di sekolah, aku langsung menuju kelas. Nampak Yuri belum datang. Aku segera ke tempat dudukku. Saat aku duduk, di laci mejaku terlihat sebuah amplop pink bergambar love. Tertulis di amplopnya : Untuk Alina Ramadhani. Wah…ada surat untukku. Ini surat ketiga yang kutemukan di laci mejaku selama sebulan ini. Kubuka dan segera kubaca.

Dear Alina

Ini adalah surat ketiga dariku. Sungguh aku tidak bisa tidur selama sebulan ini menunggu jawaban darimu. Kau tidak pernah membalas suratku. Padahal aku berharap sekali kau membalas suratku, dan tentu membalas cintaku.

Aku ingin mengungkapkan lagi perasaan cintaku kepadamu. Aku mencintaimu dengan sepenuh hati. Wajahmu selalu terbayang di benakku.

Aku tahu kau anaknya alim. Suka mengaji. Jika kau mau membalas cintaku, kita bisa berpacaran secara islami. Jika bertemu salam dahulu, ketemuan di masjid, ngaji bareng…Aku mau alim kayak kamu. Bagaimana Alina? Jika kamu mau, kita bisa bertemu di kantin saat istirhat nanti. Kau bisa menitipkan pesan lewat Choky teman sekelasmu. Nanti dia menyampaikan pesanmu padaku. Kutunggu jawabanmu dan cintamu.

Love

Shobri

Hm…dari Shobri lagi. Shobri adalah kakak kelasku. Dia kelas IX. Aku segera menulis pesan untuk bertemu dengannya nanti istirahat. Ada sesuatu yang harus kubicarakan dengannya.

Teet…bel sekolah berbunyi. Saatnya berbaris dan pelajaran dimulai. Formatif fisika…aku siap menyambutmu.

Teet…teet…tak terasa bel istirahat sudah berbunyi. Aku harus segera ke kantin menemui Shobri. Segera kuajak Yuri supaya kami jadi bertiga so tidak berkhalwat.

Sesampai di kantin, mataku mencari sosok kak Shobri. Itu dia. Dia sedang duduk di depan warung nasi goreng. Segera ku menuju kesana. Dia melihatku sedang menghampirinya lalu dia berdiri sambil tersenyum.

“Hai Alina assalamualaikum”, sambut kak Shobri ramah.

“Wa alaikum salam”, jawabku singkat sambil menundukkan pandanganku. Ghadul bashor dong!

“Silakan duduk Alina. Aku sudah memesan nasi goreng untuk kita”, katanya.

“Tidak perlu repot kak. Maaf aku cuma sebentar.” kataku singkat.

“Gak pa-pa Lin. Aku tahu ini pertemuan kita yang pertama. Terima kasih sudah datang. Mungkin kamu masih cangung denganku. Tapi aku jadi tahu kalau kamu …..”

“Maaf kak, saya memotong pembicaraan. Saya kesini untuk njelasin kalau saya belum bisa nerima cinta kak Shobri. Saya tidak mau pacaran, saya masih mau belajar dan berteman sebanyak mungkin”, jelasku sambil terbata-bata.

“Tapi Alina, kita bisa kok pacaran secara Islami. Aku janji tidak akan menyentuh tanganmu. Kita bisa ngaji bareng”, sanggah kak Shobri.

“Maaf kak, di dalam Islam, tidak ada istilah pacaran bahkan pacaran secara islami. Pacaran atau apapun namanya selalu mendekatkan pelakunya pada zina.” kataku tegas.

“Jadi, Alina tidak percaya sama janjiku?” tanyanya agak gusar.

“Saya percaya. Kak Shobri orang baik dan jujur. Tapi aku tidak percaya dengan syaitan. Tipu daya syaitan tidak akan berhenti menggoda manusia sampai tergelincir dan jatuh ke jurang nista”.

” Jadi bagaimana dengan perasaan cinta ini Alina? Bagaimana dengan hubungan kita?” tanyanya dengan wajah memealas.

“Kak, kembalikan cinta itu kepada Allah karena Dia-lah Pemilik Hati Manusia. Perbanyak tilawah dan dzikrullah supaya hati kakak tentram. Cinta yang sebenarnya ada dalam bingkai pernikahan. Jika kita berjodoh, pasti kita akan dipertemukan kembali. Tentang hubungan kita, insyaAllah kita bisa berteman. Karena itu jauh lebih bermanfaat. Betul kan?” jelasku panjang lebar sambil melirik Yuri yang senyum-senyum meng-iyakan. Hening sesaat di anatara kami.

“Alina, belum pernah kukenal orang seperti kamu. Tegas tapi tetap lembut, berwawasan luas, smart dan dewasa. Aku jadi malu denganmu. Mudah-mudahan kita kelak berjodoh. Atau jika tidak, istriku nanti seperti dirimu”, katanya.

Swing….rasanya seperti ada angin menerpa hatiku saat kak Shobri mengucapkan kalimat terakhir itu. Aku merasa melambung tinggi. Aku tertunduk dan senyumku merekah. Dicintai kak Shobri? Siapa gak mupeng? Mantan ketua OSIS yang encer otaknya, ramah dan rajin sholat. Cubitan Yuri membuyarkan ge-er ku. Aku segera istighfar.

“Kak, jangan memujiku berlebihan, aku hanya perempuan biasa yang ingin terus taat pada Allah dan RasulNya. Kita tidak tahu siapa jodoh kita kelak. Yang pasti, pria sholih hanya untuk wanita sholihah.”

“Jadi kalau ingin istri shalihah seperti dirimu, aku harus sholih juga ya….” kata kak Shobri sambil tersenyum ringan.

“InsyaAllah, tapi niatkan semua karena Allah. Kak, sudah ya, aku permisi dulu. Aku mau pinjam buku perpus.” ujarku mengakhiri pembicaraan.

“Gitu ya…ya deh. Alina, terima kasih. Nasehatmu takkan kulupa. Lain kali aku dikasi nasehat lagi ya. hehehe…Aku minta maaf jika mengganggumu” kata kak Shobri.

“InsyaAllah. Aku juga minta maaf baru bisa memberi jawaban.

“Iya Lin. Eh, nasgornya gimana nih?” tanyanya.

“Gimana ya..aku masih kenyang. Dibungkus aja bisa? Nanti aku ambil selepas dari perpus.

“Iya bisa”

“makasih kak. Assalamualaikum”

“Waalaikum salam”

Fiuh….lega rasanya. Dialog panjang kami berjalan sempurna. Aku dan Yuri berjalan menuju perpus.

“Eh Lin, kamu hebat ya. Bisa tegas ngomong kayak gitu”, komentar Yuri.

“Siapa dulu dong temannya…? Yuri…” jawabku sambil mencubit pipinya.

“Kayaknya aku belum sanggup deh ngomong gitu ke Dion” kata Yuri.

“InsyaAllah kamu bisa Yuri. Mungkin belum sekarang karena hati kamu masih dikuasai perasaan cinta. Eh, maaf ya ri. Mungkin sms terakhirku agak ketus.

“Gak pa-pa Lin. Kamu memang benar. Mungkin aku masih galau dengan hubunganku dengan Dion.”

Tapi, Dion apa masih nyuruh kamu nglepas kerudung?” tanyaku sambil memilih-milih buku.

“Iya masih. Tapi insyaAllah aku masih teguh memegang amanah kerudungku ini. Aku gak mau lemah. Aku mau kuaaat…kayak kamu” kata Yuri setengah berteriak. Alhasil kami kena tegur pak Sapto, penjaga perpus. Hii….malu!

Selesai meminjam buku kamipun segera ke kantin lagi. Mengambil nasi goreng dari Kak Shobri.

“Eh Lin, ntar bisa ikut nggak. Aku mau beli buku di Gramedia pulang sekolah. Temenin aku bisa?” ajak Yuri.

“InsyaAllah bisa putri Yuri Anggita Nareswari…..” jawabku sambil berlagak seperti pelayan putri raja. Yuri tersenyum cerah. Aku bahagia jika sahabatku tersenyum seperti itu.

Setelah dari kantin. Kamipun makan nasi goreng di kelas sambil ngobrol. Bel pun berbunyi. Kami segera clean up dan bersiap untuk pelajaran selanjutnya.

Bel 3 x berbunyi. Its time o go home! Alhamdulillah, hari ini aku dapat ilmu banyak. Aku dan Yuri sudah sepakat pergi ke Gramedia sepulang sekolah naik bemo.

Sesampai di Grmedia, kami pun segera berpencar mencari buku. Aku sibuk membaca ringkasan beberapa novel terbaru. Tak lama kemudian, Yuri memberi tanda kepadaku. Nampaknya, buku yang dicari Yuri sudah ketemu. Kami pun ke kasir.

Saat aku menunggu Yuri membayar, aku melihat dari kejauhan, sesosok laki-laki yang ku kenal. Hm…kayaknya Dion deh. Dia mau beli buku juga. Eh, siapa tuh yang berjalan mendekat padanya? Cewek itu…bukannya Cherry, anak kelas sebelah. Kulihat, tangan Cherry menggelayut manja di lengan Dion. Dion sama Cherry? ? Segera kuberitahu Yuri apa yang kulihat. Terlihat dia amat kesal dan segera menghampiri Dion.

“Dion? Ngapain kamu disini? Beli apa?” tanya Yuri sambil menahan suaranya.

“Eh..Yuri..hm…ini..eh..ini..Cherry”, jawab Dion seperti maling ketangkap.

“Aku tahu ini Cherry. Sedang apa kalian disini?”, tanya Yuri kesal.

Tiba-tiba Cherry menyahut, “Hai Yuri. Pas banget deh kamu disini. Hari ini aku dan Dion jadian lho”.

“Apa? Dion, tolong jelaskan semua ini!”kata Yuri setengah berteriak.

“Well, kayaknya aku harus jujur deh. Terus terang, aku bosan denganmu. Gak boleh sering-sering pegang tangan, apalagi cium pipi kamu. Yang mac donald yahudi. Gak mau lepas kerudung. Kamu aneh kayak temenmu itu, Alina. Sok alim. Jadi ya, aku cari cewek lain aja yang bisa diajak seru-seruan”, kata Dion dengan wajah cengar cengir.

“Hah…Dion. Apa yang kau katakan? Aku bingung dengan semua ini”, Yuri seperti kehabisan kata-kata. Dia sangat terkejut dengan semua ini.

“Dengan kata lain, kita putus. Sekarang Cherry pacarku. Paham?”,Dion langsung menyahut.

“Dion…tega sekali kau denganku. Dion, kau….dimana cintamu yang dulu?”, Yuri berusaha menuntut keadilan dari Dion.

“Cinta? Yang mana? Mana ada cinta? Sudahlah Yuri, tidak ada cinta untuk kamu” lanjut Dion dengan wajah santainya. Geram sekali aku padanya.

“hah…”, hanya kata itu yang kudengar dari Yuri sampai akhirnya ia lemas. Yuri hampir pingsan.

“Yuri, ayo kita keluar. Tidak baik berlama-lama disini”,kataku pada Yuri. Segera kugandeng tangan Yuri.

Kamipun keluar toko dan mencari tempat yang teduh. Tubuh Yuri seperti tak bertenaga. Aku terus menggenggam erat tangannya sambil beristighfar.

“Kita ke masjid depan yuk. Sekalian sholat ashar”,kataku.

Sesampai di teras masjid. Yuri takkuasa menahan tangis. Tangisnya pecah di pelukanku. Aku sedih melihatnya terpukul. Aku juga hampir menangis, tapi sekuat tenaga kutahan.

Tak berapa lama, adzan ashar terdengar.

“Sholat yuk. Kita meminta kelapangan hati pada Allah”,ajakku pada Yuri.

“He eh”, Yuri mengangguk pelan.

Kami segera wudhu dan sholat ashar berjamaah. Kami masih ingin berlama-lama di masjid. Jadi kami menuju teras dan duduk berdua. Kulihat wajahnya lebih bersinar dan segar. Subhanallah.

“Lin, aku malu. Aku baru menyadari kalau aku salah. Dion yang kupuja, ternyata bermuka dua. Dia mau jadian denganku hanya untuk bersenang-senang,bukan cinta.”Yuri memulai pembicaraan.

“aku memahami apa yang kau rasakan. Kau mencintainya. Dan itu wajar,. Hanya saja, kau terjebak pada nafsu. Mungkin benar apa yang dikatakan mbak Nurin, murobiyahku, bahwa cinta itu membutuhkan sentuhan fisik dan itu hanya halal dalam pernikahan. Selain itu haram” jelasku.

“Iya ya. Kukira selama ini pacaran islami itu ada. Pacaran tanpa sentuhan fisik. Tapi ternyata tidak ya..?hehehe…aku salah besar. untung ya aku tahu gimana Dion sekarang”,kata Yuri,kali ini disertai senyum.

“Iya ri. Pacaran tidak ada yang islami, awal niat mungkin ada pacaran islami, tapi syetan tidak akan pernah berhenti menggoda kita sampai kita tergelincir dan jatuh ke jurang nista.  Awalnya sih mungkin suka, melirik, kemudian pegang tangan. Syetan tidak diam saja. Dia terus membisikkan kepada kita untuk melakukan hal-hal yang lebih serem. Makanya aku takut banget dengan pacaran. Banyak kasus free sex berawal dari pacaran. Ngeri aku. Makanya mending cari suami aja. Tapi ya masih jauh”, jelasku.

“iya sih. Trus, bagaimana bisa dapat suami tanpa pacaran?” tanya Yuri.

“banyak orang tanpa pacaran terus menikah. Mereka  pacarannya setelah akad nikah. Dan mereka bahagia. Langgeng. Anaknya sholih-sholih”, jawabku.

“Gitu ya. Iya deh. Aku mau kayak kamu deh lin. Ehm…analoginya kue donat di pasar atau pastel di toko roti. Aku mau pilih jadi pastel di toko roti ah. Mahal harganya dan enak”, jelas Yuri dengan wajah senang.

“Gitu dong. Itu baru Yuri sahabatku. Jadi …..”kataku sengaja memutuskan pembicaraan

“Pacaran? Enggak lah….”, sahut kami serempak, dengan raut muka persis kayak personel 7 Icons.

“Eh, menurutmu kak Shobri itu kira-kira calon suami yang baik tidak ya?” kata Yuri mengganti topik.

“Eit…nanyanya koq gitu. Sudah ilang nih sedihnya….”, godaku pada Yuri.

“InsyaAllah hatiku sudah tenang dan ikhlas. Dion sudah menjadi masa laluku. Ayo dong dijawab. Kamu suka kak Shobri kan?” Yuri menggodaku lagi.

“Ih…maksa deh. Hm..aku suka dengan pribadinya. Sopan, rajin sholat, cerdas. Itu aja”, jawabku sekenanya.

“Ah masak itu aja. Kayaknya cocok deh jadi suamimu nanti”, yuri menggodaku lagi. Tak pelak, aku malu dan tersenyum menunduk.

“Tuh kan, wajahnya kembang kempis. Malu ya..” Yuri terus menggodaku. Aku terus tersenyum tanpa mejawab godaan Yuri. Siapa sih yang gak suka kak Shobri. Ah, aku tidak mau terlalu jauh memikirkannya. Aku ingin mengejar cita-citaku, menjadi penulis novel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s