Serunya Menjadi GrandMaster

pernyematan pin grand master perkalian-pembagian

Suatu peristiwa besar telah terjadi di SDIT Al Uswah. Sekitar pukul 10.40, di kelas 3 Utsman, telah disematkan sebuah pin dengan gelar Grand Master kepada sekitar 24 siswa.

Gelar Grandmaster bukan hanya milik pecatur Indonesia, Utut Adiyanto, tapi juga milik segenap siswa kelas 3 SDIT Al Uswah. Yup, sekitar 78 siswa meraih gelar grand master. Hah ! Grand master! apakah Al Uswah baru saja mengadakan turnamen catur sedunia? Ups! bukan itu!

Grandmaster disini adalah gelar yang diberikan kepada siswa-siswi yang telah lulus 8 x post test perkalian dan pembagian. Artinya mereka telah dianggap tuntas hafal perkalian dan pembagian 1-100 dengan nilai minimal 80 tiap post test. Wow!

Hafal Perkalian dan pembagian merupakan salah satu target akademis yang harus dipenuhi siswa selama duduk di kelas 3. Lulus kelas 3 sudah harus hafal perkalian 1-100. Hal ini karena hafal perkalian-pembagian merupakan materi prasyarat matematika di kelas 4.

Nah, untuk menunjang pencapaian target tersebut, dibuatlah suatu program Grandmaster Perkalian Pembagian Progam ini berlangsung selama minimal 8 pekan. Siswa disediakan kartu asistensi perkalian. Mereka akan menghafal perkalian dengan pasangan asistensinya setiap pekan dengan tema perkalian yang telah ditentukan. Setelah itu mereka akan mengikuti post test perkalian. Post test ini berisi soal perkalian atau pembagian sebanyak 20-30 butir selama3-5 menit. Mereka dikatakan lulus post test jika nilai mereka minimal 80.

Dari 8x post test akan ditentukan mereka lulus Grandmaster atau tidak. Yang lulus akan mendapat pin grandmaster perkalian-pembagian. Sedangkan yang tidak lulus akan mengikuti HER Post Test.

Dari kelas 3 Utsman, dari 26 siswa, ada 15 siswa lulus  Grand Master, sisanya harus mengikuti HER Post Test. Setelah diadakan HER, dari 15 siswa menyisakan 2 orang siswa untuk mengikuti INTENSIF Post Test yakni Hamzah dan Aliyah. Alhamdulillah keduanya saat ini sedang menyelesaikan Perkalian 7. InsyaAllah dalam waktu dekat akan mendapatkan gelar Grand Master juga.

Selamat ya anak-anak….

Semoga ilmu kalian bermanfaat…

Terus berjuang dan belajar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s