Rumah Sakit Gaza di Ambang Krisis Parah

Rabu, 01/06/2011 16:04 WIB

KNRP – Departemen Kesehatan Palestina di Jalur Gaza mengatakan bahwa pihaknya tengah menghadapi krisis kesehatan yang sudah sangat dekat karena kurangnya bahan bakar dan kekurangan obat di berbagai rumah sakit.

Kementerian itu mengatakan, kekurangan itu sebagai dampak langsung dari blokade Israel yang menolak untuk mengizinkan dalam jumlah yang memadai masuknya barang-barang komersial.

Bahan bakar di Jalur Gaza saat ini sangat diperlukan untuk pembangkit listrik dan banyak pasien berrisiko tengah sekarat, ujar laporan presstv.

Berbagai rumah sakit Gaza dan pusat kesehatan membutuhkan 200.000 liter bahan bakar per bulan, sementara listrik padam dan rata-rata delapan jam per hari mengalami pemadaman.

Kementerian Kesehatan Palestina telah mengajukan permohonan kepada masyarakat internasional untuk memasok bahan bakar ke rumah sakit-rumah sakit sesegera mungkin.

Kementerian juga meminta Mesir untuk mengizinkan barang-barang komersial, termasuk bahan bakar, untuk bisa masuk ke Gaza setelah pembukaan kembali perbatasan Rafah secara permanen untuk pejalan kaki pada hari Sabtu lalu, tetapi perbatasan terus ditutup untuk perdagangan.

Mesir terus menutup sebagian besar persimpangan itu setelah Israel memberlakukan blokade terhadap Jalur Gaza pada tahun 2007. Pengepungan itu telah menyebabkan hampir satu setengah juta rakyat Palestina sangat membutuhkan pasokan dasar kebutuhan.

Untuk ikut menguatkan blokade Israel atas Jalur Gaza, rezim penguasa Mesir yang digulingkan, Hosni Mubarak, telah menolak untuk membuka perbatasan Rafah sejak Juni 2007.(milyas/presstv)
taken rom : http://www.knrp.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s